Loading...

Jual Pipa PVC Tasikmalaya

Jual Pipa PVC Tasik 081381253138 - Pipa Poly Vinyl Chloride atau yang dikenal dengan pipa PCV merupakan salah satu jenis pipa yang paling banyak digunakan. Saat ini, banyak distributor pipa PVC yang menyebar di berbagai daerah, terutama Tasik. Distributor pipa PVC di Tasik ini selalu menawarkan konsultasi gratis mengenai pemilihan jenis pipa terbaik melalui nomor 081381253138 (WA).

Supaya tidak tertipu dengan distributor yang mencari keuntungan tanpa memikirkan kepentingan konsumen, lakukan langkah-langkah preventif agar tidak dirugikan oleh distributor nakal. Contohnya, mencari informasi distributor yang jual pipa PVC Tasik murah dan berkualitas.

Tips Memilih Pipa PVC Terbaik di Tasik

Selain mencari tahu informasi mengenai distributor, sebagai konsumen harus memahami jenis dan ukuran pipa yang dibutuhkan. Berikut ini tips memilih pipa PVC yang sesuai dengan kebutuhan.

1. Kenali Jenis Pipa yang Akan Digunakan

Perlu diketahui bahwa pipa PVC adalah jenis pipa paralon yang berbahan dasar plastik dengan karakteristik keras dan kaku. Pipa jenis ini tersedia dalam berbagai warna. Akan tetapi, warna putih yang paling sering digunakan dalam beberapa proyek.

Umumnya, standar ukuran yang digunakan pipa PVC adalah Japanese Industrial Standard (JIS). Sementara untuk PDAM, standar pipa yang digunakan yaitu Standar Nasional Indonesia (SNI). Berdasarkan sistem JIS terdapat tiga jenis pipa PVC, diantaranya PVC AW, PVC D, dan PVC D.

Jenis pipa PVC AW lebih tebal dari jenis pipa PVC lainnya, serta mampu menahan tekanan air hingga 10 kg/cm2. Pipa jenis ini digunakan untuk saluran air yang menggunakan popa air, atau saluran bertekanan tinggi lainnya.

PVC D memiliki ketebalan sedang, sehingga cocok untuk saluran yang tekanannya tidak terlalu tinggi. Tekanan pipa jenis ini mencapai 5kg/cm2. Biasanya pipa PVC D digunakan untuk saluran pembuangan air. Sedangkan, pipa PVC C paling tipis di antara yang lainnya. Jenis pipa ini biasanya digunakan untuk melindungi kabel.

2. Pastikan Kekuatan Pipa

Banyak sekali merk pipa PVC yang dapat ditemukan di pasaran. Sejauh ini, merk pipa PVC terbaik yang paling banyak dipilih oleh konsumen antara lain Rucika, Wavin, Vinilon, Maspion, SLG, dan masih banyak lagi. Tentunya masing-masing merk memiliki kualitas yang berbeda. Untuk menguji kekuatan pipa, tekan pipa sampai bagian dalam pipa bertemu. Jika pipa tersebut tidak retak atau pecah, itu artinya pipa tersebut lentur dan terjamin kualitasnya. Keunggulan pipa dapat dilihat dari bahan dasar yang digunakan dan proses pembuatannya.

3. Menyesuaikan Ukuran Pipa dengan Kebutuhan

• Pipa PVC AW tersedia dalam ukuran ½ inch, ¾ inch, 1 inch, 1 ¼ inch, 1 ½ inch, 2 inch, 2 ½, 3 inch, 4 inch, 5 inch, 6 inch, 8 inch, dan 10 inch.

• Pipa PVC D tersedia dalam ukuran 1 ¼ inch, 1 ½ inch, 2 inch, 2 ½, 3 inch, 4 inch, 5 inch, 6 inch, 8 inch, dan 10 inch.

• Pipa PVC C tersedia dalam ukuran 5/8 inch, ½ inch, ¾ inch, 1 inch, 1 ¼ inch, 1 ½ inch, 2 inch, 2 ½, 3 inch, 4 inch, 5 inch.

Untuk pelindung kabel listrik membutuhkan pipa PVC C 5/8 inch, saluran air rumah tangga membutuhkan pipa PVC AW ½ inch atau ¾ inch, dan saluran pembuangan membutuhkan pipa PVC D ½ inch, 3 inch, atau 4 inch.

  1. Tentukan Fitting dan Jenis Perekatnya

Perlu diketahui bahwa perekatan pipa terdiri dari dua macam perekat, yaitu menggunakan lem dan cara solvent. Perekat lem hanya merekat pada bagian pipa dengan proses pengeringan selama 1 sampai 2 jam. Sedangkan solvent merupakan perekatan pipa melalui proses kimiawi, dimana prosesnya perekatannya menghabiskan waktu selama 5 hingga 6 jam.

Jika memilih lem, ketahui bahwa perekat jenis kuat daya tergantung pada adhesive bahannya. Sambungan lem bisa melemah pada kurun waktu tertentu, sehingga posisinya rawan membuat pipa bergerak. Sementara persenyawaan pada proses solvent membuat sambungan pipa lebih kuat.

  1. Membedakan Saluran Pipa Sesuai dengan Kondisi

Memilih pipa sesuai dengan kondisi air juga sangat penting untuk dilakukan. Pipa PVC memiliki jenis berbeda, artinya manfaatnya juga berbeda. Misalnya, untuk saluran air panas membutuhkan pipa yang tahan dengan suhu sampai 85 derajat celcius. Konsumen dapat memilih pipa PVC yang paling tebal.

Itulah beberapa langkah memilih pipa agar tidak salah pilih. Bagi yang tinggal di darah Tasik, dan bingung mencari distributor pipa terpercaya. Hubungi saja melalui WA ke nomor 081381253138. Distributor yang jual pipa PVC Tasik ini sudah dipercaya oleh banyak konsumen karena layanan yang memuaskan.


Tagar yang berkaitan:
Top